Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INFORMASI PENDAFTARAN (UMPN) 2024/2025

INFORMASI PENDAFTARAN (UMPN) 2024/2025 UJIAN MASUK POLITEKNIK NEGERI

INFORMASI PENDAFTARAN (UMPN)

Info Pendaftaran (UMPN) Ujian Masuk Politeknik Negeri 2024/2025 - Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) merupakan sebuah seleksi masuk yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Politenik Negeri yang ada di Indonesia. Tujuan diadakan UMPN 2024/2025 ini sendiri yaitu untuk bisa memilih calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik untuk bisa mengikuti dan juga menyelesaikan pendidikannya di Politeknik dengan batas waktu yang telah ditentukan. Adapun proses seleksi yang dilakukan bagi peserta yang biasanya mengambil formulir pendaftaran di berbagai Politeknik Negeri tersebut memiliki karakteristi tersendiri. Semua peserta UMPN tersebut nantinya akan diurutkan sesuai dengan nilai ujian yang didapatkannya. Selanjutnya mereka dialokasikan pada program studi yang telah menjadi pilihannya dengan ketentuan peserta tersebut memiliki nilai yang lebih baik dan biasanya akan mendapatkan prioritas untuk bisa dialokasikan terlebih dahulu. Apabila ternyata masih ada tempat pada program studi pada pilihan yang pertama yang rekan-rekan pilih, maka calon mahasiswa tersebut akan diterima pada program studi pilihan yang pertama. Jika tempat pada program studi yang pertama tadi sudah penuh dan ternyata masih ada tempat pada program studi pilihan yang kedua, maka calon mahasiswa akan diterima pada program studi pilihan kedua. Itulah proses selanjutnya sampai pada pilihan ketiga yang disesuaikan dengan daya tampung masing-masing prodi pada Politenik Negeri yang menjadi pilihan rekan-rekan. Beberapa persyaratannya bagi rekan-rekan yang ingin mengikuti UMPN 2024/2025 tersebut adalah sebagai berikut yaitu:
  • Tamatan SMA, MA, SMK, sederajat
  • Memiliki kesehatan fisik yang memadai dan tidak menganggu kelancaran proses belajar pada program studi yang menjadi pilihannya. Sebagai contoh, untuk program studi yang pada proses belajarnya diperlukan kemampuan untu membedakan warna, maka calon mahasiswa tidak boleh buta warna.
  • Memiliki usia maksimum 21 tahun pada tanggal 1 September 2024/2025
Adapun materi ujian tulis UMPN adalah sebagai berikut :
  • Tes Matematika
  • Tes Bahasa Indonesia
  • Tes Bahasa Inggris
  • Tes Fisika
Untuk informasi lebih lanjutnya, rekan-rekan bisa untuk melihatnya pada website resmi masing-masing Politenik Negeri yang menjadi pilihan rekan-rekan. Contohnya, jika anda ingin kuliah di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, maka anda bisa untuk melihat informasi lainnya di situs resmi http://pens. ac. id. Sama halnya pada kampus-kampus Politeknik Negeri lainnya di seluruh Indonesia.

Terima Kasih telah membaca Informasi Pendaftaran (UMPN) Ujian Masuk Politeknik Negeri 2024/2025. 
foto pendaftaran stmik triguna dharma medan